15/03/10

Tips Aman Bermain Facebook


Kayaknya udah gak aneh lagi klo temen kita, sodara atau mungkin kita sendiri (maybe) pernah kehilangan facebook. Banyak cara yg di lakukan hacker utk mendapatkan akun facebook kamu, mulai dari phising, social engineering, keylogging, dll.. tapi inti dari semua itu cuma satu… Brain bug, atau celah keamanan yg ada di otak kita. Kita terkadang teledor, ceroboh, gampang percaya begitu saja dng omongan orang. Berpikirlah logis dan berhati-hati selama berada di internet!

“Ok, cukup basa-basinya Lalu gimana solusinya?” oke, Berikut tips2 dari saya agar temen2 aman selama bermain facebook:

1.) Karakter password harus lebih dari 8-12 karakter.

2.) Password harus kombinasi dari angka, huruf, huruf besar/kceil dan karakter alpha numeric ($%!@?…)

3.) Jangan gunakan password yg ada hubungan-nya dng diri kita, misal: nama pacar, tgl lahir, nama ortu, nama artis idola dll. Gunakan password yg tidak ada hub-nya sama sekali dng kita.

4.) Jangan gunakan password yg sama utk setiap akun, gunakanlah password yg berbeda.

5.) Jangan terlalu terbuka! jng mengumbar informasi2 sensitf di profil FB kamu, karena ini juga bisa di gunakan hacker utk mencari tau info ttg password kamu. Cukup tulis seperlunya saja, lbh minim lbh baik…

6.) Jangan mudah percaya dng omongan orang. Berpikirlah logis, dan berhati-hati selama berada di internet. Trust nobodies

7.) Perhatikan URL website sebelum memasukan passwords. Pastikan URL adalah www.facebook.com. Bukan facebuk.com, pacebook.com atau sejenisnya. Ingat, Tampilan mungkin sama persis, tapi URL pasti beda!! perhatikan URL dng teliti…!

8.) Jika bermain di warnet, jng centang pada pilihan “Remember me” atau jng klik opsi “Remember this password” kalau ada popup dari web browser.

9.) Masih jika di warnet, kalo bisa gunakan virtual keyboard saat memasukan passwords, bisa kamu download di sini. Hal ini utk menghindari Keylogger.

10.) Masih jika di warnet, pastikan Deepfreeze dlm keadaan hidup/ON! ini juga utk menhindari keylogger dan malware lain-nya.

11.) Masih jika di warnet, setelah bermain, hapuslah semua log,cookies dan history kita di web browser. Pengguna firefox, tinggal klik “Tools>>clear private data>>centang semua, dan klik clear”. Ini utk menghapus sisa2 login kita yg msh tersimpan di web browser.

12.) Hal sepele tp msh sering di lupakan… Jng lupa logout setelah bermain.

13.) Dan yg terakhir, Jangan sombong dan menantang hacker. Atau kamu bakal nangis 7 hari 7 malam… iya, saya tau anda pintar, tapi mereka lbh pintar lg… trust me… :)

Yup selesai… ya saya tau ini ribet dan merepotkan, tapi inilah security. Seperti kata pepatah dunia security, keamanan berbanding terbalik dng kanyamanan. Sesuatu yg nyaman pastilah tidak aman!

Sekian tips dari saya, semoga berguna… trims…

sumber : alzea HNc

0 komentar:

Poskan Komentar

Mini Fordis b3gund4L