25/03/10

I'm not Hacker

Im Not a Hacker
Post by: Denny on Kamis, Maret 19, 2009
Category: Computer
Im Not a Hacker. Mungkin itu kesimpulan sederhana yang aku temukan saat secara tidak sengaja aku berjalan-jalan di blog kem4ngi. Disitu ada artikel yang di hide quote, dan saat aku membukanya terdapat beberapa tulisan dari salah satu crew Echo mas y3dips. Didalamnya terdapat makna mendalam dari sebutan seorang hacker yang merasa dirinya belum pantas di anggap sebagai seorang hacker.

Seperti halnya beberapa tahun ini, banyak orang-orang baru bermunculan dan menamakan diri mereka hacker. Salah satunya aku sendiri, yang merasa sudah bisa bermain-main kedalam suatu system. Belajar dari beberapa guru dan juga om Google serta beberapa referensi forum dari beberapa teman aku terus mencoba menjadi seorang hacker. Bagiku sebutan seorang hacker sangat misterius dan membanggakan. Namun seperti apa yang ada dalam artikel yang di tulis mas y3dips aku jadi sadar bahwa semua yang aku lakukan selama ini adalah sebuah kebodohan belaka.

Beberapa waktu lalu di salah satu tv swasta juga menampilkan film berjudul hacker yang menceritakan aktivitas seorang hacker, dan saya merasa menjadi seperti tidak ada apa-apanya. Kembali keartikel yang di tulis oleh salah satu crew echo tadi, maaf ini saya copy paste tanpa melakukan editing terlebih dahulu.

#————————kn4pa Aku gak maU jadi Script Kiddie—————-]

echo-zine 02
Oleh: y3dips (echo-staff)
y3dips@echo.or.id || y3dips@plasa.com

Script Kiddie:
Seperti juga Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking
yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI. Hacking dilakukan
menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna
Internet.

[onno w purbo ]

o0 Pertama sekali mengenal istilah h4cking ada perasaan sangat senang, senang
yang tak terbatas, seorang teman mengatakan H4cker itu “jag0″ mereka bisa
membuat virus, menyebarkannya , bisa memasuki semua komputer orang yang
terhubung ke jaringan, mengendalikannya dan menjadikannya milik sendiri….
W00w sehebat itukah hacker?
perasaan ingin tau itu semakin menggebu dikala membaca berita bahwa seorang
remaja berhasil membobol sistem komputer “pentag0n”,hal ini membuat otakku
berfikir ternyata seorang remaja pun bisa melakukan itu .. hMMM.
“Apakah gampang jadi hacker?” o1 Jam demi jam kuhabiskan di wArnet, mencari cari disemua situs situs penyedia
jasa pencarian (se4rch 3nggine) dengan berbagai kata kunci “HAcking” ,”hack”
“membobol komputer orang” “membuat virus” “bagaimana memasuki sistem “ tak
bisa kuingat berapa kata atau frasa yang kujadikan kunci untuk mencari…..
beberapa disketkupun dipenuhi dengan semua hasil dari pencarian yang aku
sendiripun belum yakin apa itu yang kucari.

o2 Yup… hari ini aku berselancar lagi, dengan kebingungan yang sama, tetapi
dengan sedikit perasaan lega ,karena telah berhasil mengirimkan bom email
ke alamat email temanku yang berteriak-teriak di kelas karena emailnya
dipenuhi dengan “sampah”. aku kembali berkomunikasi di #irc dengan maksud
menemuk4n yang kucari… setidaknya memuaskan perasaanku. tetapi lagi lagi
yang kutemukan adalah tumpukan tools-tools yang terbuat dari berbagai bahasa
pemrograman yang aku sendiri tak mengerti “apa itu pemrograman? “ dan
“bagaimana bisa membuat program? ” hal ini tak pernah aku pikirkan, yang aku
tau adalah masukkan alamat target dan tinggal klik.kalau beruntung programnya
bener maka yang kuinginkan bisa tercapai,”so!buat apa bisa program!”, tinggal
jalanin program kecil yang gratis di internet…

o3 Trojan! hmm, program menarik yang menyita hampir setiap hariku… tidak
tau berapa banyak trojan yang aku koleksi, yang terpenting adalah aku bisa
mengisengi temanku yang sedang mengerjakan “word”nya dengan cara mematikan pc
yang sedang dia gunakan.berhari-hari aku menyibukkan diriku dengan kesenangan
menggunakan program k3cil yang disebut trojan ini, ironisnya “trojan” sendiri
aku tak mengerti artinya apalagi cara kerja dan gimana membuatnya , tapi itu
bukan masalah buatku. yang penting aku sudah bisa berbangga didepan teman2ku.

o4 “www.xxx.com” tampilannya diubah…. woww… kok bisa ya, hebat!!, keren!bisa
merubah tampilan web orang! maka, yang kulakukan selanjutnya menghabiskan
waktuku untuk “surfing” di internet mencari bagaimana caranya mendeface situs
web, cari dan download semua tool-tools yang ada..dan dimulailah kegiatanku..
jalankan semua tools yang ada, cari kelemahannya..hingga temukan sesuatu…..
berhari-hari kucoba lagi kucoba lagi,belum nampak jelas ada tanda tanda bahwa
semua yang kulakukan berhasil. sampai aku memutuskan untukberhenti melakukan
seluruhnya ;

o5 Tak terasa sudah ber-ribu hari hal itukulakukan,hingga akhirnya seorang teman
bertanya padaku.”apakah aku tau siapa itu hacker?”dengan bangga aku beri tahu
dia semua yang kutau… begini begitu, tetapi dia malah tertawa2, dan dia
katakan padaku, itu bukan hacker, … woops lalu apa? “how 2 become a hacker”
karya eric s.raymond adalah rujukan yang dia berikan padaku..

o6 apakah aku hacker? kalo dulu dengan bangga aku menyebut diriku hacker…….
Sekarang? TCP-ip pun aku gak tau, Pemrograman aku gak bisa, apalagi mengenai
Operating sytem,apapula itu Open source, kern3l, Shell code bla..bla bla…
semua yang aku dapatkan dan kulakukan dulu apa? “script kiddies”

…………………………………………l0l……………………..

hacker
Hacker adalah: Seseorang yang tertarik untuk mengetahui secara mendalam
mengenai kerja suatu system,komputer,atau jaringan komputer.”

[ *RFC1392,Internet User Glossary ]

ini yang kucari, ini yang kuinginkan.. apa yang harus kulakukan? ………..

*STOP HERE!
ini lebih kearah cerita pendek ya :P , aku bos3n juga buat artikel tentang
teknik2 melulu apalag1 dah banyak banget artikel temen2 yang bagus banget buat
dibaca..maka, sekali-=sekali gak ada salahnya kubuat artikel yang bersifat…
“apa ya namanya” && pokoknya semua yang kutulis cuma sebagai ilustrasi
kehidupan seorang “kiddies”yang membuatku merasa gak perlu menjadi “kiddies”
&&tidak ada suatu maksud apapun juga dibaliknya kecuali demi kemajuan bersama…
semua t3rserah anda!

*greetz to: [ echostaff a.k.a moby, the_day, comex ,z3r0byt3 ] && puji_tiwili*
anak anak newbie_hacker, pak onno, pak linus, pak eric s. Raymond,
pak RM. stallman,$peci@l temen2 seperjuangan

“indahnya dunia akan kau ketahui bila kau bisa meghiasinya”
[y3dips]

-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-]


hancur hati ini ketika membaca artikel jadi lakukan hampir sama seperti apa yang ada dalam tulisan semoga kelak aku bisa menjadi baik dan lebih thankz to mas y3dips secara tidak langsung, dan juga kepada mas kem4ngi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Mini Fordis b3gund4L